“Memberdayakan dan Menumbuhkembangkan Ketangguhan Masyarakat Desa melalui Pelaksanaan KKN PPM (Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat) dan KKN DESTANA (Desa Tangguh Bencana)”

Kuliah Kerja Nyata Tematik merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa secara interdisipliner, institusional, dan kemitraan sebagai salah satu wujud dari Dharma perguruan Tinggi. Kuliah Kerja Nyata Tematik ini berfokus pada Kuliah Kerja Nyata Desa Tangguh Bencana (KKN-DESTANA) dan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) yang merupakan bentuk perkuliahan yang dilaksanakan dengan langsung terjun ke masyarakat.

KKN-TEMATIK merupakan proses pembelajaran mahasiswa melalui berbagai kegiatan langsung di tengah-tengah masyarakat, dan mahasiswa berupaya untuk menjadi bagian dari masyarakat serta secara aktif dan kreatif terlibat dalam dinamika yang terjadi di masyarakat. Keterlibatan mahasiswa bukan saja sebagai kesempatan mahasiswa belajar dari masyarakat, namun juga memberi pengaruh positif dan aktif terhadap pengembangan masyarakat, sehingga memberi warna baru dalam pembangunan masyarakat secara positif.

KKN-TEMATIK merupakan mata kuliah wajib, yang tercantum dalam kurikulum STIE PGRI SUKABUMI, dan harus ditempuh oleh semua mahasiswa program strata 1 (S1). Mata kuliah KKN-TEMATIK disiapkan dalam rangka mengembangkan kompetensi mahasiswa melalui pengalaman riil di masyarakat. Dengan pengalaman tersebut, mahasiswa diharapkan mendapatkan kemampuan generatif yang berupa life skills (kecakapan hidup) seperti kemampuan berpikir dan bernalar secara analitik, berdasarkan sumber empirik dan realistik, agar dapat merancang dan melaksanakan program, membantu mengatasi permasalahan yang ada, bekerja sama dengan orang lain, mengatur diri sendiri, dan melatih keterampilan dalam bekerja. Dengan demikian, mereka akan mendapatkan wawasan, pengalaman, dan keterampilan. dalam bermasyarakat, sebagai nilai tambah selama menempuh kuliah di STIE PGRI SUKABUMI.

Pada prinsipnya KKN-TEMATIK merupakan salah satu kegiatan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang merupakan bagian kegiatan akademik perguruan tinggi yang dimanifestasikan melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Oleh karena itu, pelaksanaan program KKN-TEMATIK juga harus dilaksanakan secara ilmiah, sinergis,dan profesional.

Salah satu tema yang dapat diangkat melalui kegiatan KKN ini adalah pengurangan risiko bencana. KKN dengan tema DESTANA (Desa Tangguh Bencana) menjadi penting karena Indonesia rawan terhadap berbagai macam bencana. Kejadian bencana baik yang ekstensif maupun intensif telah mengakibatkan penderitaan, peningkatan jumlah penyandang disabilitas dan hilangnya nyawa, kerugian dan kerusakan aset orang-perorangan/ swasta/ negara. Sedangkan tema KKN Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) memberikan solusi permasalahan yang ada di masyarakat baik dari segi sosial, ekonomi dan lingkungan.

kegiatan Kuliah Kerja Nyata – Pembelajaran Masyarakat (KKN-PPM) yang dilaksanakan di Kecamatan Gunungguruh dengan jumlah 356 Mahasiswa dan Kuliah Kerja Nyata – Tematik Desa Tangguh Bencana (DESTANA) dilaksanakan di Kecamatan Nyalindung dengan jumlah 110 Mahasiswa, dilaksanakan pada tanggal 14 Maret – 13 April 2020.

Klik Disini => Foto-Foto Kegiatan Pelepasan Peserta KKN 2020